29 Februari 2016

Tips Cara Ternak Kelinci Potong Dengan Omset Besar

Tips Cara Ternak Kelinci Potong Dengan Omset Besar - Peluang usaha ternak kelinci saat ini sangat menjanjikan, sebab kelinci adalah hewan yang mudah untuk dijinakkan, mudah berkembangbiak dan mudah untuk beradaptasi. Secara umum terdapat 2 macam kelompok kelinci yaitu kelinci potong dan kelinci hias. Kelinci yang sering diternakkan adalah kelinci potong. Sebab cara ternak kelinci potong lebih menguntungkan omsetnya dibandingkan dengan kelinci hias. Kelinci potong sendiri adalah kelinci yang diternakkan untuk diambil dagingnya untuk dikonsumsi dan diambil bulu serta kulitnya.

cara ternak kelinci pedaging,cara ternak kelinci pemula,cara ternak kelinci hias,cara ternak kelinci yang baik,cara ternak kelinci anggora,cara ternak kelinci daging,
Baca juga: Bisnis Cara Beternak Jangkrik Untuk Pemula Yang Menguntungkan
Semakin banyak restoran yang membuka menu kelinci, tentu saja akan berdampak pada omset ternak kelinci potong lebih menggiurkan disamping cara ternak kelinci potong yang mudah. Di negara Indonesia sendiri, ternak kelinci sering didominasi oleh kelinci potong. Hal ini disebabkan karena industri kulit dan woll yang terbuat dari bulu kelinci belum berkembang luas. 

Berikut ini Cara Ternak Kelinci Potong

1. Membuat kandang
Secara umum ada dua jenis tipe kandang kelinci ternak yaitu sistem terbuka dan sistem penutup. Kandang kelinci dengan sistem terbuka yaitu luas lahan yang diberi pagar pada sekelilingnya dan kelinci dibiarkan bebas berkeliaran di area tersebut. Sedangkan pemeliharaan tertutup yakni dengan tidak membiarkan kelinci tersebut bisa berlari-lari ke alam yang bebas. Cara ternak kelinci potong dengan sistem tertutup lebih efektif dilakukan agar kelinci cepat besar.

cara ternak kelinci pedaging,cara ternak kelinci pemula,cara ternak kelinci hias,cara ternak kelinci yang baik,cara ternak kelinci anggora,cara ternak kelinci daging,

2. Pembibitan
Pada cara ternak kelinci potong pada proses pembibitan, Anda diwajibkan untuk menentukan jenis atau bibit yang akan diternakkan sesuai dengan pilihan dan tujuan. Jika Anda ingin memelihara kelinci dan mengambil hasil utamanya berupa bulu, maka pilihlah jenis kelinci yang anggota. Sedangkan jika ingin memilih kelinci yang dipelihara, pilihlah kelinci Havana, Himalayan, flemish, Belgian, Californian, New Zealand. Cara bternak kelinci potong dengan jenis-jenis di atas lebih sederhana dan mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Pada tahap pembibitan ini pilihlah bibit dengan kesehatan yang bagus dan tingkat kesuburan yang baik.
3. Pemeliharaan
Untuk cara ternak kelinci potong pada tahapan pemeliharaan ini tidak sulit dan hampir sama dengan memelihara kambing dan hewan lainnya. Yang membedakannya bahwa kelinci sangat mudah untuk mati. Anda juga harus mengatasi berbagai masalah penyakit yang menyerang kelinci seperti kudis, bisul dan lainnya. Pemberian makan ini tidak ada aturan yang jelas dan pasti. Yang terpenting adalah terjadwal dan pasti diberi pakan.

cara ternak kelinci pedaging,cara ternak kelinci pemula,cara ternak kelinci hias,cara ternak kelinci yang baik,cara ternak kelinci anggora,cara ternak kelinci daging,

Sebenarnya tidak ada batasan yang pasti mengenai kelinci hias dan potong. Banyak golongan kelinci hias yang kemudian hari digunakan menjadi kelinci potong. Karena memang cara ternak kelinci potong dan hias lebih mudah. Selain itu, kelinci hias mempunyai keunggulan yang sama seperti kelinci potong yang mempunyai ukuran tubuh besar, pertumbuhan yang cepat dan perkembangbiakan yang tinggi

Terdapat 3 fokus yang paling penting di dalam cara ternak kelinci potong yaitu berorientasi kepada daging kelinci, kulit dan bulu kelinci. Jenis kelinci yang mempunyai keunggulan pun berbeda-beda, ada yang unggul dalam pertumbuhan daging, kulit dan bulu.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory