29 Februari 2016

Tahapan Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula Yang Mudah Dicoba

Tahapan Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula Yang Mudah Dicoba - Siapa bilang cara ternak jangkrik bagi pemula itu sulit? Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan sampingan rumah di bidang budidaya peternakan dan budidaya hewan, mungkin ternak jangkrik akan lebih cocok Anda pilih sebagai inspirasi untuk menciptakan peluang usaha baru. Cara ternak jangkrik bagi pemula ini pun relatif lebih mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar dan sangat mudah dikerjakan di rumah ketika mempunyai waktu luang.

cara beternak jangkrik,cara ternak jangkrik sederhana,cara beternak jangkrik di kardus,cara menernak jangkrik,budidaya ternak jangkrik,
Baca juga: Tips Cara Ternak Kelinci Potong Dengan Omset Besar
Mungkin di kalangan wanita yang melihat atau menganggap jangkrik merupakan hewan yang menjijikkan. Akan tetapi jika diternakkan, jangkrik ini bisa menghasilkan omset yang terbilang besar. Pasalnya jangkrik sering digunakan untuk memberi makan burung peliharaan seperti kacer, murai batu dan burung cendet. Semakin melambungnya harga-harga burung peliharaan, membuat jangkrik laku dan terus dicari. Sebab, jangkrik merupakan salah satu serangga yang memiliki kandungan protein tinggi sehingga burung bisa berkicau setiap hari. 

Berikut ini Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula

1. Persiapkan kandang jangkrik
Mengenai dengan ukuran kandang jangkrik, sebenarnya tidak ada ukuran yang pasti atau baku, karena hal ini hanya penyesuaian kebutuhan dan populasi jangkrik yang di ternakkan. Seperti yang kita tahu, bahwa jangkrik selalu beraktivitas di malam hari. Oleh sebab itu jangan biarkan jangkrik diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari dan lebih baik diletakkan di tempat yang gelap. Cara ternak jangkrik bagi pemula yang harus diketahui yakni pada dinding atas kandang, sebaiknya dilapisi dengan lakban. Fungsinya mencegah jangkrik merayap naik dan keluar dari kandang.

cara beternak jangkrik,cara ternak jangkrik sederhana,cara beternak jangkrik di kardus,cara menernak jangkrik,budidaya ternak jangkrik,

2. Persiapan pembibitan jangkrik yang baik
Cara ternak jangkrik bagi pemula selanjutnya adalah memilih bibit jangkrik dengan kualitas terbaik. Pemilihan ini sama seperti ketika ingin beternak dan lainnya, usahakan mencari bibit jangkrik yang sehat, tidak cacat dalam artian kaki atau sungutnya patah dan berumur 10 sampai 20 hari. Selanjutnya cara ternak jangkrik bagi pemula harus memilih induk jangkrik dari alam bebas, sebab mempunyai ketahanan tubuh kuat. Jika Anda kesulitan membeli induk jantan atau betina lebih baik membelinya ke peternakan jangkrik. Dan pilihlah induk jantan dan betina yang agresif sebab akan lebih mudah dalam proses pembibitannya.
3. Pemeliharaan dan pemberian pakan
Cara ternak jangkrik bagi pemula berikutnya adalah, yang terpenting jangan memasukkan langsung jangkrik ke dalam kandang. Alangkah lebih baik dinding kadang diolesi dengan lumpur sawah. Hal ini bertujuan agar jangkrik terhindar bahan kandang. Sebaiknya untuk anak jangkrik yang masih berumur 1 hingga 10 hari, berikan makan voor atau makanan ayam yang terbuat dari beras merah, kacang kedelai dan jagung yang sudah dihaluskan. Sedangkan untuk cara beternak jangkrik yang sedang dijodohkan bisa menggunakan gambas, jagung muda, sawi wortel dan lainnya yang mempunyai kandungan air tinggi.

Para peternak jangkrik dapat mendapatkan keuntungan besar dari bisnis ini. Namun yang dibutuhkan dari bisnis ini adalah kesabaran dan ketelatenan oleh para peternak terutama bagi pemula. Sebaiknya selalu tanyakan masalah atau bimbingan kepada para peternak jangkrik yang lebih tahu. Demikian penjelasan mengenai cara ternak jangkrik bagi pemula. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory