28 Februari 2016

5 Langkah Cara Ternak Belut Dalam Drum Paling Praktis

Cara Ternak Belut Dalam Drum Paling Praktis - Belut tidak hanya bisa diternakkan dengan menggunakan kolam tembok saja, namun juga bisa diternakkan dengan menggunakan drum. Cara ternak belut dalam drum ini lebih praktis dan mudah. Anda tidak perlu membutuhkan lahan yang luas untuk menernakkan belut. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk ternak belut dalam drum juga lebih murah dibandingkan dengan yang menggunakan kolam tembok.

cara menernak belut,cara budidaya ikan belut,peternak belut,cara ternak belud,cara ternak lindung,pembudidayaan belut,media budidaya belut,ternak lindung,
Baca juga: Langkah-Langkah Cara Ternak Entok Cepat Besar

Adapun Langkah Langkah Untuk Cara Ternak Belut Dalam Drum


1. Menyiapkan drum untuk kolam
Langkah pertama cara ternak belut dalam drum adalah menyiapkan drum untuk dijadikan kolam semi permanen. Drum yang digunakan adalah drum plastik dengan ukuran yang paling besar. Tong atau drum yang akan digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu bagian dalamnya kemudian buat lubang yang memanjang di sisi drum. Tempatkan drum di tanah yang datar serta beri ganjal agar tidak terguling.
2. Menyiapkan media tumbuh
Jika drum sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tumbuh belut. Media ternak belut yang digunakan adalah jerami, lumpur kering, pupuk TSP, stater, dan kompos. Lapisilah dasar kolam dengan jerami setebal 50 m kemudian siram dengan stater sebanyak 1 liter untuk setiap drum. Selanjutnya lapisi dengan kompos dengan tinggi 5 cm dan terakhir lapisi dengan campuran lumpur kering dan pupuk TSP setinggi 25cm. Siramlah dengan air sampai setinggi 15cm dan diamkan 2 minggu.

cara menernak belut,cara budidaya ikan belut,peternak belut,cara ternak belud,cara ternak lindung,pembudidayaan belut,media budidaya belut,ternak lindung,

3. Memilih bibit belut
Setelah drum sudah siap maka cara ternak belut dalam drum yang selanjutnya adalah memilih bibit belut. Pilihlah bibit belut yang lincah dan tidak terdapat cacat di tubuhnya. Ukuran belut juga diusahakan yang seragam agar tidak terjadi kanibalisme antar belut.
4. Merawat bibit belut
Ternak belut dalam drum plastik yang paling penting adalah merawatnya. Merawat bibit belut yaitu dengan cara memberinya pakan yang cukup. Cara ternak belut dalam drum ini memang harus diberi pakan yang cukup sesuai dengan jumlah belut dalam drum. Berilah makan belut di sore atau malam hari karena waktu makan belut adalah sore atau malam.
5. Memanen belut
Cara ternak belut dalam drum yang terakhir adalah memanennya. Belut bisa dipanen dengan cara mengosongkan air dalam drum terlebih dahulu kemudian menjaringnya secara bersamaan. Waktu panen belut adalah sekitar 3 sampai 4 bulan setelah pembibitan.

Cara ternak belut dalam drum ini memang cukup simpel, tapi juga mempunyai kelemahan. Kelemahan terak belut dalam drum adalah drum yang digunakan bisa mengalami kerusakan. Apalagi jika diletakkan di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Untuk Anda yang memang ingin menekuni dunia ternak belut ini sangat disarankan untuk menggunakan kolam permanen dalam beternak belut. Untuk merintis mungkin cara ternak belut dalam drum ini bisa dijadikan sebagai awalan yang bagus. Jika sudah terkumpul modal yang cukup bisa dipindah di kolam yang permanen.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory