28 Februari 2016

Teknik Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana Dengan Rockwool

Teknik Cara Menanam Sayuran Hidroponik - Menanam sayuran secara hidroponik merupakan salah satu alternatif cara berkebun yang mudah dan praktis. Kalangan rumah tangga yang tidak mempunyai lahan yang luas untuk berkebun bisa memanfaatkan cara ini untuk berkebun di rumah. Cara menanam sayuran hidroponik sederhana bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan orang tanpa pengalaman bertani pun bisa menanam sayuran dengan cara ini. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam yang menggunakan media selain tanah. Media yang digunakan dalam bercocok tanam secara hidroponik ini sangat beragam, salah satunya yang banyak digunakan adalah rockwool.

cara menanam hidroponik kangkung,cara menanam sayuran hidroponik sederhana,cara menanam sayuran hidroponik di rumah,budidaya sayuran dengan cara hidroponik,
Baca juga: Keuntungan Cara Ternak Bebek Petelur Kering Tanpa Kolam
Rockwool merupakan bebatuan jenis vulkanik yang sudah dipanaskan sehingga pada akhirnya menghasilkan batu yang berserat. Media rockwool ini merupakan media yang paling steril dan bebas dari segala macam hama dan gulma. Cara menanam sayuran hidroponik sederhana yang paling mudah yaitu dengan menggunakan rokwool ini. Anda bisa mendapatkan rockwool di toko-toko pertanian. Harga dari rockwool ini juga tidak terlalu mahal sehingga masih bisa terjangkau. Dalam cara menanam sayuran hidroponik sederhana selain rockwool, Anda juga bisa menggunakan media lainnya seperti air zeolit.

Dalam kesempatan kali ini akan diberikan bagaimana cara bercocok tanam hidroponik sayuran menggunakan media rockwool. Bahan dan alat yang perlu disiapkan diantaranya yaitu:
• Hidroponik kit yang terbuat dari paralon
• Gelas plastik bekas
• Rockwool secukupnya

cara menanam hidroponik kangkung,cara menanam sayuran hidroponik sederhana,cara menanam sayuran hidroponik di rumah,budidaya sayuran dengan cara hidroponik,

Untuk mendapatkan hidroponik kit Anda bisa membelinya di toko pertanian ataupun membuatnya sendiri. Jika Anda ingin cara menanam sayuran hidroponik sederhana yang praktis sangat disarankan untuk membeli yang sudah jadi. Bahan utama hidroponik kit ini sebenarnya tidak hanya dari paralon saja, tapi juga bisa dibuat dari bambu. Agar lebih awet, sebaiknya pilih hidroponik kit yang terbuat dari paralon.

Langkah selanjutnya dalam cara menanam sayuran hidroponik sederhana ini adalah memilih benih sayuran yang akan ditanam. Untuk para pemula yang belum pernah bercocok tanam secara hidroponik benih bisa dibeli di toko pertanian. Pilih benih yang berkualitas bagus agar sayuran yang dihasilkan berkualitas bagus. Benih atau bibit yang dipilih juga harus benih yang dibuat secara hidroponik pula. Setelah bibit didapatkan maka langkah selanjutnya dalam cara menanam sayuran hidroponik sederhana adalah menanam benih ke media yang sudah disiapkan.

Penempatan hidroponik kit dalam cara menanam hidroponik sederhana di rumah haruslah ditempat yang datar. Hidroponik kit tidak boleh ditempatkan di tempat yang terlalu panas karena bisa merusak tanaman. Sebaiknya tempatkan tanaman di tempat terbuka yang tidak terlalu panas. Tanaman tetap membutuhkan sinar matahari dengan cara menanam sayuran hidroponik sederhana yang tepat yaitu menjemurnya setiap pagi hari dan memindahkannya di tempat yang teduh di siang harinya. Mudah bukan, cara menanam sayuran hidroponik sederhana ini? Selamat mencoba bercocok tanam dengna metode hidroponik.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory