28 Februari 2016

Teknik Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah Dalam Polybag

Cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah harus dilakukan dengan teknik khusus. Penanaman buah jeruk nipis ini memang merupakan salah satu yang paling mudah. Karena hanya dengan menebarkan bijinya saja sudah bisa tumbuh. Walaupun mudah tumbuh, tapi jeruk nipis termasuk tanaman yang sulit berbuah jika tidak dirawat dengan baik. Cara penanaman juga sangat mempengaruhi jumlah jeruk nipis yang bisa dipanen. Salah satu cara untuk mendapatkan hasil panen yang banyak dan cepat adalah membudidayakan jeruk nipis tanpa menggunakan biji. Budidaya jeruk nipis tanpa biji dilakukan dengan teknik mencangkok.

cara menanam jeruk nipis di rumah,berapa lama jeruk nipis berbuah,cara perawatan pohon jeruk nipis,pohon jeruk nipis,tanaman jeruk nipis,media tanam jeruk nipis,
Baca juga: Teknik Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana Dengan Rockwool

Teknik mencangkok merupakan teknik paling cepat dan mudah untuk mendapatkan jeruk nipis yang cepat berbuah. Cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah dengan teknik mencangkok ini harus diperhatikan pemilihan induk cangkokannya. Pilih pohon jeruk nipis yang kuat dan kokoh serta buahnya banyak untuk dijadikan sebagai induk cangkokan. Batang yang akan dicangkok juga harus yang kokoh agar nantinya pohon jeruk nipis hasil cangkokan mempunyai batang yang kuat dan kokoh. Hasil cangkokan ini bisa langsung ditanam dalam pot ataupun di pekarangan rumah. Cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah juga harus memperhatikan dalam hal perawatannya.

Perawatan agar buah jeruk nipis cepat berbuah selanjutnya adalah dengan cara menyiraminya secara rutin dan memberinya pupuk. Teknik cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah tidak perlu disiram setiap hari cukup lakukan penyiraman seminggu sekali saja. Penyiraman sebaiknya dilakukan di pagi hari dengan teknik menyiramkan air secara perlahan dengan menggunakan tangan. Teknik penyiraman ini sangat efektif agar pohon jeruk nipis bisa menyerap air secara maksimal dengan mudah. Jika Anda menanam jeruk nipis dalam pot maka cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah adalah dengan menyiramnya dengan sedikit air saja.

cara menanam jeruk nipis di rumah,berapa lama jeruk nipis berbuah,cara perawatan pohon jeruk nipis,pohon jeruk nipis,tanaman jeruk nipis,media tanam jeruk nipis,

Selain penyiraman, cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah adalah dengan memberinya pupuk. Pupuk yang baik agar buah jeruk nipis agar cepat berbuah adalah pupuk organik yang tidak terlalu banyak mengandung nitrogen. Salah pemberian pupuk pada pohon jeruk nipis justru akan meracuni tanaman jeruk nipis dan membuatnya layu serta mati. Pastikan jika pupuk yang diberikan takarannya tepat. Cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah dalam pemberian pupuk ini sebaiknya pilih pupuk yang memang khusus untuk pohon jeruk nipis.

Cara menanam jeruk nipis yang benar akan menghasilkan jeruk nipis yang banyak dan berkualitas. Jika Anda sudah menanam dan merawat pohon jeruk nipis dengan baik dan benar tapi belum juga berbuah, mungkin saja penyebabnya bukan karena Anda salah merawat, tapi ada penyebab lainnya. Penyebab lainnya jeruk nipis tidak berbuah adalah tidak terjadi penyerbukan karena tidak ada angin dan serangga yang membantu penyerbukan. Jika hal ini terjadi maka cara menanam jeruk nipis agar cepat berbuah adalah dengan menggoyangkan batang jeruk nipis secara manual agar terjadi penyerbukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Cepat Berbuah Dalam Polybag