24 Februari 2016

Ini Dia Tips Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Tips Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah - Tahukah Anda bagaimana cara menanam cengkeh agar cepat berbuah? Cengkeh sendiri dikenal sebagai tanaman yang sulit ditanam. Banyak orang yang gagal menanam cengkeh dan menerima kerugian yang tidak sedikit. Namun jangan salah, cara menanam cengkeh agar cepat berbuah sebenarnya dapat dilakukan dengan ketekunan dan ketelatenan. Pohon cengkeh memang terkenal sulit ditanam, namun bukan berarti tidak dapat ditanam. Prospek tanaman cengkeh sendiri cukup tinggi, oleh karena itu Anda dapat mencoba menanam cengkeh mulai sekarang. Namun pastikan Anda menanamnya dengan cara yang tepat dan merawatnya penuh dengan kesabaran.

cara menanam cengkeh manual,cara menanam cengkeh kumpulan tips,cara menanam durian agar cepat berbuah,cara menanam durian montong agar cepat berbuah,cara merawat cengkeh di musim kemarau,
Baca juga: 3 Cara Menanam Cocor Bebek yang Mudah Dilakukan

Berikut Ini Ada Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Menanam Cengkeh

Bibit
Untuk cara menanam cengkeh agar cepat berbuah sendiri tidak hanya pada bergantung pada cara penanamannya saja. Tetapi juga dipengaruhi oleh penggunaan bibit, bibit yang digunakan sebaiknya bibit unggul. Jika Anda menggunakan bibit berumur 1 tahun maka minimal tingginya adalah 60 cm. Sedangkan jika usianya 2 tahun maka setidaknya memiliki tinggi 90 cm. Itulah salah satu cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang harus Anda perhatikan. Pastikan pula bahwa bibit sehat, daun mudahnya berwarna hijau cerah dan daun tuanya berwarna hijau tua.
 
Lahan
Selain bibit, cara menanam cengkeh manual agar tumbuh subur dan sehat selanjutnya yaitu dengan memperhatikan lahan. Lahan yang digunakan sebaiknya memiliki ukuran yang cukup luas, bersihkan dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Anda juga harus menggemburkan tanah agar tanaman cengkeh dapat tumbuh subur. Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah ini tidak boleh Anda abaikan. Tanah sebaiknya juga memiliki kadar asam yang tinggi, pH tidak boleh kurang dari 5. Hal ini dapat diatasi dengan menambahkan pupuk atau kapur dolomit untuk meningkatkan kadar asam tanah. Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah memang membutuhkan ketelatenan yang lebih.

cara menanam cengkeh manual,cara menanam cengkeh kumpulan tips,cara menanam durian agar cepat berbuah,cara menanam durian montong agar cepat berbuah,cara merawat cengkeh di musim kemarau,

Kondisi Tanah
Tanaman cengkeh dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dan memiliki curah hujan merata. Curah hujan yang disukai tanaman cengkeh yaitu antara 2000 hingga 3500 mm dan merata sepanjang tahunnya. Jika curah hujan berlebihan maka akan becek dan tanaman cengkeh mudah mati. Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang satu ini penting untuk diperhatikan, pemilihan lahan haruslah tepat.
Perawatan
Tidak hanya bagaimana menanam, tetapi juga perawatan tanaman cengkeh penting untuk dilakukan. Agar tanaman cengkeh tumbuh sehat dan cepat berbuah, Anda harus melakukan penyiraman dan pemupukan secara tepat. Cara perawatan tanaman cengkeh ini sebenarnya tidak sulit dilakukan, namun harus dilakukan secara teratur. Anda harus menyirami tanaman cengkeh secara rutin, jangan sampai tanah kering dan menyebabkan tanaman cengkeh mati. Untuk pemupukan, Anda dapat memupuk tanaman cengkeh 6 bulan sekali. Gunakan pupuk kandang, pupuk kompos atau bahkan pupuk anorganik agar tanaman cengkeh tumbuh sehat dan cepat berbuah.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menanam tanaman cengkeh. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara menanam cengkeh agar cepat berbuah, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia Tips Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah