24 Februari 2016

Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Pot Untuk Budidaya Rumahan

Menanam cabe rawit dalam pot merupakan salah satu alternatif untuk Anda yang ingin berkebun dengan lahan yang sempit. Cara menanam cabe rawit dalam pot tidak jauh berbeda dengan menanam cabe pada umumnya. Proses penanaman cabe rawit dalam pot ini harus melalui dua tahapan, yaitu tahap persiapan dan penanaman. Persiapan dalam penanaman cabe ini dimulai dari pemilihan bibit dan penyemaian bibit. Setelah bibit siap, barulah di pindah ke dalam pot. Cara menanam cabe rawit dalam pot ini dimulai dari pemilihan biji atau bisa dikatakan sama dengan cara menanam cabe rawit dari biji.

cara menanam cabe rawit yang baik,cara menanam cabe rawit hidroponik,cara menanam cabe rawit halaman rumah,cara menanam cabe rawit di polybag,cara menanam cabe rawit secara organik,
Baca juga: Ini Dia Tips Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Untuk Lebih Jelas Berikut Ini Dua Tahapan Dalam Menanam Cabe Rawit Dalam Pot

1. Persiapan bibit
Cara menanam cabe rawit dalam pot dimulai dari mempersiapkan bibit yang akan ditanam. Bibit yang akan ditanam haruslah berasal dari biji cabe rawit yang berkualitas agar hasilnya bagus. Biji cabe rawit yang akan dijadikan bibit disarankan dipilih dari cabe rawit yang tua dan segar. Ambillah biji dalam cabe rawit dengan cara di belah kemudian ambil bijinya. Bersihkanlah biji cabe rawit dari daging cabe dengan menggunakan air yang mengalir lalu rendam selama 4 jam. Gunakanlah biji yang tenggelam, sedangkan biji yang terapung dibuang saja.

Setelah biji cabe didapatkan, maka langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe rawit dalam pot adalah membuat bibit cabe rawit. Tanah yang akan digunakan untuk menanam bibit sebaiknya dicampur dengan sekam kemudian diberi lubang dengan jarak 7 cm. Letakkan biji cabe rawit di lubang tersebut lalu padatkan dengan menambah tanah lagi. Sirami bibit cabe ini dua kali sehari, jika sudah tumbuh kecambah maka bibit siap untuk dipindah.

cara menanam cabe rawit yang baik,cara menanam cabe rawit hidroponik,cara menanam cabe rawit halaman rumah,cara menanam cabe rawit di polybag,cara menanam cabe rawit secara organik,

2. Penanaman bibit
Penanaman merupakan langkah selanjutnya dalam cara menanam cabe rawit dalam pot. Menanam bibit cabe rawit yang sudah jadi ini menggunakan media pot dengan ukuran sedang. Pilih pot yang bawahnya sudah berlubang, jika belum ada lubangnya maka dilubangi sendiri. Cara menanam cabe rawit dalam pot dalam proses ini harus dilakukan ketika pagi hari agar bibit cabe tidak layu. Pindahkanlah satu persatu bibit cabe yang sudah tumbuh dalam pot yang sebelumnya sudah diisi campuran tanah dan pupuk.

Setelah penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah merawat tanaman cabe rawit agar bisa tumbuh dengan baik. Cara perawatannya yaitu dengan menyiraminya dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Jika menanam cabe pada saat musim kemarau, maka penyiraman harus dilakukan sesering mungkin agar tanaman cabe rawit tidak mengalami kekeringan. Cukup mudah bukan, cara menanam cabe rawit dalam pot ini?

Cara berkebun cabe rawit dengan media pot ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin menanam cabe rawit di rumah. Manfaatkanlah pekarangan rumah Anda untuk menanam cabe rawit karena cabe rawit merupakan salah satu komoditi sayur yang harganya cukup fantastis. Pada hari-hari tertentu harga 1 kg cabe rawit bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dengan cara menanam cabe rawit dalam pot ini tentu saja sangat membantu Anda yang ingin mencoba bertani cabe rawit.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory