24 Februari 2016

Cara Menanam Buah Delima Dari Biji Menggunakan Pot

Cara Menanam Buah Delima Dari Biji - Buah delima merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Sudah tahukah Anda bagaimana cara menanam buah delima yang benar? Delima bukan termasuk buah musiman karena buah ini bisa berbuah kapan saja. Tidak perlu lahan yang luas untuk menanam buah delima, pekarangan rumah Anda pun bisa dijadikan sebagai lahan untuk menanam buah delima. Media yang digunakan untuk menanam buah delima di pekarangan rumah tidak harus lahan langsung, tapi bisa menggunakan pot.

cara menanam buah delima dari biji,cara menanam buah delima yang benar,cara menanam buah delima merah,cara makan buah delima,
Baca juga: Cara Menanam Cabe Dari Biji dengan Lahan yang Sempit

Menanam buah delima di dalam pot ini bisa dilakukan dengan menggunakan biji langsung. Cara menanam buah delima dari biji membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam menanam buah delima dari biji yang terpenting adalah pemilihan bibitnya. Bibit biji delima harus dipilih yang berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan bibit biji buah delima yang berkualitas Anda bisa memilihnya dari buah delima yang manis dan mempunyai biji yang banyak. Biji yang didapatkan dari buah delima yang berkualitas kemudian diolah menjadi biji kering sebelum ditanam di dalam pot. Mengolah biji delima menjadi biji bibit buah delima adalah langkah awal dalam cara menanam buah delima dengan menggunakan biji di dalam pot.

Mengolah bibit delima dari biji yang masih basah agar siap ditanam caranya sangat mudah. Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengeringkan biji delima dengan cara dijemur selama satu hari. Setelah kering, biji delima harus didiamkan selama 1 malam di tempat yang sejuk. Kemudian biji delima direndam dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 4 jam. Biji delima yang sudah direndam harus ditiriskan sampai benar-benar tidak ada airnya. Langkah selanjutnya dalam cara menanam buah delima jika biji sudah benar-benar kering maka siapkanlah lahan atau tempat untuk menanam biji delima ini.

cara menanam buah delima dari biji,cara menanam buah delima yang benar,cara menanam buah delima merah,cara makan buah delima,

Untuk mempermudah Anda dalam menanam biji buah delima, berikut ini langkah-langkah cara menanam buah delima dengan media pot menggunakan biji:

1. Siapkanlah pot atau polybag dengan ukuran yang kecil, kemudian lubangilah bagian bawah pot atau polybag untuk sirkulasi air. 

2. Cara menanam delima yang selanjutnya yaitu mencampurkan tanah dengan pupuk urea atau kompos. Kemudian masukkan campuran tanah dan pupuk ini pada polybag atau pot.

3. Tanamlah biji delima dengan kedalaman 5 cm pada polybag lalu siramlah dengan air secara rutin. Langkah selanjutnya dalam cara menanam buah delima ini adalah merawatnya dengan cara menyiraminya dua kali sehari sampai bibit setinggi 20 cm.

4. Bibit yang sudah tumbuh setinggi 20 cm ini kemudian dipindahkan pada pot yang lebih besar. Cara menanam buah delima yang sudah menjadi bibit ini sama dengan menanam bibitnya, yaitu dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk.

5. Untuk memindahkan bibit delima sebaiknya semua tanah dalam polybag dituang ke pot lalu tutup dengan tanah lagi agar kuat. Cara menanam buah delima dengan media pot sudah selesai, Anda tinggal merawatnya saja agar berbuah lebat.

Tanah yang digunakan untuk menanam buah delima adalah tanah yang bertekstur gembur. Karena pohon delima akan tumbuh subur dengan menggunakan tanah bertekstur gembur. Pemberian pupuk juga perlu dilakukan setiap seminggu sekali agar delima berbuah lebat. Selamat mencoba cara menanam buah delima dengan menggunakan media pot ini. Semoga berbuah lebat dan manis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menanam Buah Delima Dari Biji Menggunakan Pot