23 Februari 2016

Cara Menanam Bawang Merah di Musim Hujan

Cara menanam bawang merah di musim hujan dengan tepat - Bawang merah bisa tumbuh di area ketinggian 2 sampai 1200 mdpl di tempat yang terbuka tanpa adanya naungan. Bawang merah membutuhkan sinar matahari setidaknya 8 jam tiap harinya, adapun suhu optimum perkembangan bawang merah sendiri yakni kira-kira 25-32 derajat celcius. Cara budidaya bawang merah di musim hujan juga membutuhkan angin semilir demi mengatur kelembaban pada tanah. Tanaman yang satu ini tumbuh baik di area yang subur dengan kandungan bahan organik yang banyak.

cara menanam bawang merah dengan biji,cara menanam bawang merah di pekarangan rumah,cara menanam bawang merah secara hidroponik,cara menanam bawang merah polybag,

baca juga: Tahapan Cara Menanam Bawang Merah Polybag Praktis

Adapun Tahapan Persiapan Caranya Adalah Sebagai Berikut

1. Persiapan Tanam

Cara menanam bawang merah di musim hujan yang pertama adalah pengolahan lahan atau persiapan media tanam. Dimana lahan digemburkan melalui pencangkulan atau pembajakan hingga kedalaman 20-30 cm, lalu buat bedengan dengan ketinggian 25-35 cm, dengan jarak pada bedengan 40 sampai 50 cm. Taburi lokasi terlebih dulu sebelum Anda membuat bedengan memakai takaran sekitar 3 ton per hektar, dengan dolomit sekitar 0,5 sampai 1 ton per hektar yang ditambah pula dengan pupuk NPK dan SP.

2. Persiapan Benih

Cara menanam bawang merah di musim hujan yang kedua meliputi persiapan benih. Benih atau bibit dari bawang merah yang diperlukan ketika musim hujan yaitu jenis lokal atau bauji. Pastikan dalam cara menanam bawang merah di musim penghujan ini bibit sudah disimpan hingga 2 bulan lamanya sesudah panen, adapun umbi memiliki titik untuk tumbuh akar dengan munculnya tunas. Selain itu, ditandai pula warna merah yang pudar serta tidak kisut. Pastikan umbi bibit berasal pada tanaman sehat yang dipanen di usia muda.

cara menanam bawang merah dengan biji,cara menanam bawang merah di pekarangan rumah,cara menanam bawang merah secara hidroponik,cara menanam bawang merah polybag,

3. Penanaman Tanaman Bawang merah

Cara menanam bawang merah di musim hujan selanjutnya adalah dengan penanaman bawang merah. Sebelum Anda menanamnya, pastikan kulit luar pada benih di buang berikut sisa-sisa pada akarnya. DI musim penghujan sendiri, ujung umbi pada bawang merah perlu dipotong sekitar 1/5-1/6 supaya tak tertimbun tanah jika terjadi hujan seusai di tanam. Pada bibit bawang merah yang telah kawak berumur sekitar 4 bulan, ujung umbi tak perlu dipotong.

4. Pemupukan Tanaman Bawang Merah

Cara menanam bawang merah di musim hujan berikutnya adalah dengan pemberian pupuk pada bawang merah, yakni pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk susulan sendiri dilakukan sesudah pendangiran maupun pembersihan gulma, dimana pemberian pupuk sendiri diberikan pada sela tanaman melalui pembuatan lubang atau larikan, dan pupuk dicampur merata.

5. Pemanenan

Cara menanam bawang merah di musim hujan terakhir yaitu tahap pemanenan. Untuk pemanenan sendiri sebaiknya dilakukan ketika cuaca sedang cerah atau ketika daun sudah kering atau tiris dari air hujan. Tahapan cara menanam bawang merah di musim hujan ini bertujuan agar mempermudah pengeringan supaya buah tak membusuk.

Nah, itulah langkah-langkah cara menanam bawang merah di musim hujan yang perlu dilakukan ketika Anda ingin membudidayakan bawang merah pada musim penghujan. Perlu diketahui, ciri-ciri dari bawang merah yang siap di panen adalah daun mulai berwarna kekuningan dengan ujung daunnya yang kering.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory