20 Februari 2016

Tips Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Dengan Benar

Cara budidaya tanaman hidroponik dengan benar - Hidroponik merupakan cara bertanam memakai media air, jadi tak membutuhkan area atau tanah yang ukurannya luas. Dengan sederhananya, cara bertanam hidroponik ini merupakan metode dari budidaya tanaman memakai air dengan kaya akan nutrisi dan bukan melalui media tanah. Dengan begitu membuat pengendalian hama, nutrisi serta pencahayaan pun lebih gampang untuk dikelola. Hidroponik juga tak membutuhkan penggunaan pestisida dan herbisida beracun dengan begitu sifatnya lebih ramah terhadap lingkungan, sayuran atau tanaman pun lebih sehat.

cara menanam tanaman hidroponik cabe,cara menanam tanaman hidroponik kangkung,cara menanam tanaman hidroponik tomat,budidaya tanaman hidroponik sawi,cara budidaya tanaman hidroponik sawi,

Baca juga: 6 Langkah Cara Budidaya Ulat Kandang Mudah


Media tanaman dari cara budidaya tanaman hidroponik ini bisa berbentuk cocopeat, sekam bakar, pasir kerikil rockwool serta sebagainya. Adapun cara menanam tanaman hidroponik bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun pada halaman rumah yang Anda gunakan. Sedangkan untuk wadahnya dapat memakai kaleng bekas, botol air mineral bekas, kaleng bekas, drum bekas dan apapun sesuai ketersediaan di rumah Anda. Proses budidaya hidroponik ini cocok diaplikasikan di area perkotaan yang tak memiliki banyak tempat serta ramah lingkungan. Adapun beberapa tahapan cara budidaya tanaman hidroponik yang bisa dilakukan.

Persiapan Dalam Cara Membudidayakan Media Hidroponik

1. Persemaian Benih

Langkah cara budidaya tanaman hidroponik yang pertama adalah semai benih ke dalam wadah semai atau tray, pakai benih dengan tingkat germinasi sekitar 80% ke atas. Media semai paling baik biasanya digunakan rockwool. Adapun rockwool ini sangat praktis sebab mempunyai daya serap tinggi serta steril. Bila benih sudah cukup umur makan pindahkan pada media tanam.

cara menanam tanaman hidroponik cabe,cara menanam tanaman hidroponik kangkung,cara menanam tanaman hidroponik tomat,budidaya tanaman hidroponik sawi,cara budidaya tanaman hidroponik sawi,

2. Persiapan Media Tanam

Langkah cara budidaya tanaman hidroponik berikutnya adalah persiapan media tanam. Pakai media tanam poros dapat berupa campuran pasir kerikil dan sekam bakar maupun campuran pasir kerikil dan rockwool. Kemudian taruh media tanam ke wadah sesuai keinginan, seperti kaleng bekas atau pot.

3. Pemberian Nutrisi

Untuk pemberian nutrisi pada cara budidaya tanaman hidroponik ini sangat penting di lakukan. Dimana Anda dapat membeli nutrisi tanaman hidroponik atau meraciknya sendiri. Cara memberi nutrisi ini yaitu degan menyiramnya secara manual di pagi maupun sore hari. Bisa juga dengan menggunakan metode wick sebagai metode hidroponik sederhana.

4. Proses Perawatan

Cara budidaya tanaman hidroponik terakhir yaitu proses perawatan. Perawatan sendiri sebenarnya hampir sama saja dengan metode perawatan sistem konvensional, contohnya pemangkasan, atau pembersihan gulma, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tahapan cara budidaya tanaman hidroponik dengan mudah dan tepat yang bisa Anda lakukan untuk menanam tanaman secara hidroponik memanfaatkan lahan halaman rumah dengan baik. Wadah untuk menanam tanaman hidroponik pun bisa dilakukan dengan memakai botol plastik, drum atau lain sebagainya dengan hasil lebih alami. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory