20 Februari 2016

3 Langkah Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Tepat

Cara budidaya lobster mudah - Membudidayakan lobster air tawar termasuk salah satu budidaya yang begitu menjanjikan. Sebab masih sedikit orang kini yang beternak lobster sedangkan permintaannya sendiri semakin hari kian semakin bertambah. Selain itu, budidaya lobster kini bisa dilakukan di mana saja sesuai lokal yang diinginkan. Dalam hal ini Anda dapat melakukan cara budidaya lobster di kolam tanah atau terpal. Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya lobster ini yaitu perlu perawatan cermat dan baik supaya budidaya berhasil dilakukan dan memberikan keuntungan.

cara budidaya lobster air laut di rumah,cara budidaya lobster di kolam terpal,cara budidaya lobster air laut di kolam,cara budidaya lobster laut,cara budidaya lobster air tawar di rumah,

Baca juga: Cara Budidaya Mawar Menggunakan Metode Stek


Untuk para pemula, tentu masih bingung bagaimana cara budidaya lobster dengan tepat agar menguntungkan dan menghasilkan produksi yang maksimal. Adapun beberapa tahapan cara beternak lobster yang bisa dilakukan.

Perlu Diketahui Dalam Membudidayakan Lobster

1. Perhatikan Habitat Lobster

Tahapan pertama yang perlu dipertimbangkan dalam cara budidaya lobster ini yaitu dengan memperhatikan habitat jenis lobster air tawar. Anda harus memilih media yang Anda gunakan untuk membudidayakan lobster, apakah di akuarium, kolam terpal, kolam semen ataupun kolam tanah. Dalam hal ini Anda wajib mempersiapkan media budidaya dengan benar dan seksama. Akan tetapi hal yang paling penting di sini yaitu Anda wajib memberi lobster air dalam waktu seminggu sebelum dilakukan penebaran bibit lobster itu sendiri ke dalamnya.

2. Pemberian Pakan Lobster

Untuk perawatan dan cara budidaya lobster, hal yang paling penting adalah proses pemberian pakan yang disesuaikan berdasarkan ukuran yang diperlukan. Adapun hal ini disebabkan budidaya jenis lobster air tawar sendiri mempunyai sifat kanibal layaknya lele. Di mana saat asupan pakan yang mereka makan kurang, dengan begitu mereka pun akan menyantap temannya sendiri. Agar mencegah terjadinya kekurangan asupan pakan lobster, maka Anda bisa memberinya paralon pada dasar kolam. 

Paralon ini berguna sekali untuk perkembangbiakan lobster di dalamnya. Karena paralon ini dapat digunakan untuk dijadikan tempat persembunyian bagi para lobster kecil. Di samping itu, pada paralon tadi Anda dapat memberinya ventilasi udara agar mendukung proses cara budidaya lobster.

cara budidaya lobster air laut di rumah,cara budidaya lobster di kolam terpal,cara budidaya lobster air laut di kolam,cara budidaya lobster laut,cara budidaya lobster air tawar di rumah,

3. Pemilihan Bibit

Cara budidaya lobster selanjutnya adalah dengan melakukan pemilihan bibit. Bibit dari lobster dapat diperoleh dengan cara mengawinkan antara lobster jantan dan lobster betina. Anda bisa membedakannya sesuai dengan warna capit lobster itu sendiri. Pada cara budidaya lobster yang baik, untuk pemilihan lobster sendiri sebaiknya pilih lobster dengan ukuran sekitar 1 inchi sampai 2 inchi. Kemudian dimasukkan pada kolam pembesaran. Di samping itu, jangan lupa pula untuk memasang kincir agar gelembung udara pun lancar.

Itulah langkah-langkah cara budidaya lobster yang tepat dan benar yang bisa Anda lakukan, baik melalui media kolam tanah ataupun terpal sesuai dengan keinginan. Namun dalam budidaya lobster ini, Anda harus memperhatikan hal-hal seperti di atas agar lobster yang dihasilkannya pun lebih banyak dan optimal.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory