14 Februari 2016

4 Tahapan Cara Budidaya Kroto Media Toples

Cara budidaya kroto media toples dengan mudah - Media yang dimanfaatkan untuk beternak kroto ini adalah memakai toples. Walaupun beberapa peternak sendiri mencoba melakukan cara budidaya kroto media bambu atau paralon. Akan tetapi, bila dilihat dari segi kepraktisan, fungsi dan juga mudah didapatkannya tak sedikit peternak kroto memanfaatkan toples untuk dijadikan media budidaya.

cara budidaya kroto menggunakan toples,cara budidaya kroto dengan bambu,cara budidaya kroto rumahan,cara budidaya kroto semut rangrang tanpa pohon,cara budidaya kroto tanpa pohon,

Baca juga: Cara Budidaya Gurame Yang Menggiurkan

Adapun Cara Budidaya Kroto Media Toples Ini Antara Lain

1. Tahap Pertama

Untuk melakukan cara budidaya kroto media toples tahapan pertama yaitu dengan membuat media untuk sarang kroto atau semut rangrang ini supaya mereka mau bertelur. Bila Anda memanfaatkan media toples, caranya dengan melubangi toples tadi pada bagian bawah memakai diameter sebesar 5-7 cm, lalu tutup lagi lubang tersebut memakai lakban.

2. Tahap Kedua

Cara beternak kroto media toples berikutnya adalah sesudah memperoleh bibit dari koloni kroto atau semut rangrang ini di pepohonan yang berada di alam bebas, selanjutnya masukkan sarang tadi pada toples kemudian tutup kembali dengan rapat. Dalam cara budidaya kroto media toples tahap kedua ini Anda harus mengusahakan agar memperoleh koloni semut secara lengkap, yakni terdiri atas semua anggota koloni dari semut rangrang itu sendiri, supaya bisa bertelur sempurna.

cara budidaya kroto menggunakan toples,cara budidaya kroto dengan bambu,cara budidaya kroto rumahan,cara budidaya kroto semut rangrang tanpa pohon,cara budidaya kroto tanpa pohon,

3. Tahap Ketiga

Cara budidaya kroto media toples selanjutnya adalah dengan mempersiapkan nampan berbahan plastik yang datar, lalu isi nampan tadi memakai air sampai ½ dari ketinggian pada sisi nampan. Simpanlah batu bata dengan permukaan datar pada bagian tengah nampan di mana yang sudah diisi air sebelumnya. Adapun pemberian air ini bertujuan supaya semut tak kabur ketika dipindahkan menuju lokasi tersebut.

4. Tahap Keempat

Cara budidaya kroto media toples berikutnya yaitu simpan toples yang sudah diisi bibit dari sarang kroto tadi tepat di bagian batu bata atas pada posisi terbalik, yakni toples yang sudah dilubangi tadi terletak menempel di batu bata. Sesudah posisinya tegak, maka lepaskan lakban untuk penutup pada lubang toples tadi supaya semut pun bebas keluar mencari makanan untuk mereka. 

Dalam cara budidaya kroto media toples diatas, untuk memperoleh bibit dari kroto sendiri bisa dibeli secara langsung di peternak kroto. Dengan begitu budidaya kroto pun menjadi lebih praktis. Hal ini dikarenakan peternak kroto sendiri umumnya menjual bibit lengkap beserta media toples berlubang yang sudah dilubangi.

Dengan begitu, Anda pun cukup menyimpan toples tadi di rak yang telah disediakan. Melalui proses cara budidaya kroto media toples ini tanpa pembibitan sendiri tentunya lebih mempermudah kita sebagai peternak, sambil mengasah kemampuan untuk tetap melakukan proses pembibitan sendiri. Sementara untuk pemberian makanan sendiri biasanya kroto diberikan makanan berupa ulat, kecoa, jangkrik atau sisa dari makanan.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory