18 Februari 2016

Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar untuk Pemula

Cara budidaya ikan hias air tawar sebenarnya cukup mudah, asalkan Anda telaten. Budidaya ikan hias air tawar merupakan salah satu peluang usaha bermodal kecil dengan hasil yang menjanjikan. Hal ini karena pasar ikan hias saat ini sangat potensial. Hampir setiap rumah saat ini membutuhkan ikan hias, terutama mereka yang hidup di perumahan. Lahan yang terbatas membuat orang memilih kolam kecil atau akuarium berisi ikan hias sebagai hiburan.

cara budidaya ikan air tawar cepat panen,cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium,cara budidaya ikan air tawar kolam terpal,budidaya ikan hias air tawar untuk ekspor,

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal untuk Pemula


Ada banyak jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan. Diantaranya ikan Koi, ikan Cupang, ikan Louhan, ikan Arwana, ikan Guppy, ikan Koki, ikan Discus dan yang lainnya. Setiap ikan hias memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Oleh karena itu membutuhkan penanganan yang berbeda-beda pula. Misalnya saja, membudidayakan ikan Arwana yang galak tentu saja berbeda dengan membudidayakan ikan Guppy yang berkoloni. Berikut akan kami sampaikan tips dan cara budidaya ikan hias air tawar.

Sebelum Anda terjun ke dunia usaha budidaya ikan hias, sebaiknya Anda mencari berbagai referensi yang bisa membantu Anda memahami karakteristik masing-masing jenis ikan yang akan dibiakkan. Hal ini karena cara budidaya ikan hias air tawar untuk masing-masing spesies berbeda-beda. Selain itu, Anda juga perlu memahami jenis usaha ini mulai dari proses penyiapan tempatnya, pemilihan jenis ikannya, pemeliharaannya hingga proses penjualannya.

cara budidaya ikan air tawar cepat panen,cara budidaya ikan hias air tawar di aquarium,cara budidaya ikan air tawar kolam terpal,budidaya ikan hias air tawar untuk ekspor,

Berikut beberapa tips dan cara budidaya ikan hias air tawar yang mungkin berguna bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang ini. Beberapa tips berikut merupakan tips dasar untuk memulai proses budidaya ikan hias air tawar dengan modal yang terbatas. 

Tips Berikut Juga Bersifat Umum dan Tidak Membahas Secara Khusus Mengenai Jenis Ikan Tertentu

1. Menyiapkan Tempat Pemeliharaan

Langkah pertama dalam cara budidaya ikan hias air tawar adalah menyiapkan tempat untuk memelihara ikan hias yang akan dikembangkan. Kami merekomendasikan untuk menggunakan akuarium memanjang untuk proses pemeliharaan, agar Anda mudah merawatnya. Ada beberapa jenis akuarium yang perlu disiapkan, yaitu akuarium khusus untuk pemijahan, akuarium khusus untuk penjodohan dan akuarium untuk pembesaran.

2. Menyiapkan dan Memastikan Kontinyuitas Ketersediaan Pakan

Cara budidaya ikan hias air tawar juga meliputi ketersediaan pakan. Secara garis besar, pakan dibedakan menjadi dua, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Beberapa jenis pakan alami yang sering digunakan pada budidaya ikan hias air tawar, antara lain cacing sutera, serangga, katak kecil, ikan kecil. Untuk pakan buatan, biasanya dengan menggunakan bahan dasar pakan alami yang dibuat dalam bentuk pelet. Kadar protein dari pakan buatan ini biasanya disesuaikan dengan pertumbuhan ikan.

3. Memilih Indukan yang Berkualitas

Cara budidaya ikan hias air tawar tak lepas dari pemilihan induk. Agar menghasilkan anakan yang berkualitas, maka Anda harus memilih indukan yang bagus. Pilihlah indukan yang sehat, tidak terdeteksi terjangkit oleh penyakit dan juga berasal dari keturunan yang baik. Anda bisa mendapatkan indukan ini dengan cara membelinya atau memilih sendiri dari ikan yang Anda pelihara. Namun, tentu saja Anda harus jeli dalam memilihnya.

Demikianlah beberapa tips dan cara budidaya ikan hias air tawar. Dengan semakin meningkatnya permintaan terhadap ikan hias air tawar, maka peluang usaha di bidang ini masih terbuka lebar. Selain itu, modalnya juga bisa Anda sesuaikan dengan uang yang Anda miliki. Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory