16 Februari 2016

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Untuk Lahan Sempit - Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Biasanya kita akan menemukan perkebunan buah naga memiliki lahan yang cukup luas. Tapi, apakah budidaya buah naga bisa menggunakan media tanam yang lain? Seperti menggunakan pot misalnya? Ternyata cara budidaya buah naga dalam pot bisa kita kembangkan loh, ini sangat bermanfaat bagi Anda penggemar buah naga yang ingin membudidayakannya sendiri, namun memiliki lahan yang cukup sempit. Penasaran bukan dengan cara tersebut? Kami akan membagikan tips budidaya buah naga untuk Anda.

cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah,cara menanam buah naga dalam pot kecil,budidaya buah naga dalam pot pdf,cara budidaya buah naga dari biji,video cara menanam buah naga,

Baca juga: Cara Budidaya Bunga Mawar Dengan Stek

Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Di Indonesia sendiri buah naga terkenal dengan dua jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Manfaat buah naga ini sangat baik bagi Anda karena kandungan vitamin dan mineralnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Membudidayakan buah naga adalah satu cara untuk mengembangkan buah naga agar selalu berproduksi. Cara budidaya buah naga dalam pot bisa Anda jadikan sebagai solusi selain untuk menghijaukan rumah Anda, namun juga Anda bisa mengembangkan buah naga milik Anda sendiri.

Karena buah naga merupakan tanaman kaktus, cara budidaya buah naga dalam pot termasuk mudah untuk dilakukan. Buah naga akan terlihat cantik sebagai tanaman hias yang akan membuat rumah Anda terlihat lebih asri. Nah, bagaimana cara budidaya buah naga dalam pot agar menghasilkan buah naga yang baik? Berikut tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

cara menanam buah naga dalam pot agar cepat berbuah,cara menanam buah naga dalam pot kecil,budidaya buah naga dalam pot pdf,cara budidaya buah naga dari biji,video cara menanam buah naga,

1. Siapkan pot sebagai media tanam

Anda bisa menyiapkan pot dengan berbagai macam ukuran dan jenis bahan. Akan tetapi, untuk mengembangkan buah naga, menggunakan pot dengan bahan dasar tanah liat adalah yang terbaik. Cara budidaya buah naga dalam pot akan membutuhkan perubahan suhu bagi buah naga untuk berbunga, sehingga tanah liat merupakan pot yang sesuai untuk itu. Ukuran yang tepat adalah sekitar 40 cm.

2. Siapkan tiang panjatan

Guna dari tiang panjatan ini adalah untuk menopang supaya tanaman tidak roboh. Tiang penopang sebaiknya dipilih menggunakan media yang tahan lama dan kuat seperti beton. Mengapa demikian? Karena usia tanaman buah naga yang hampir mencapai puluhan tahun, maka butuh tiang yang kuat untuk menopang tanaman ini. Tiang penopang cara budidaya buah naga dalam pot bisa memiliki diameter 8-10 cm dengan panjang sampai 2 m.

3. Media tanam

Media tanam untuk cara budidaya buah naga adalah pasir, tanah serta pupuk kandang dan juga kompos dengan perbandingannya 2:1:3:1. Lalu semua bahan tersebut dicampur rata dan disiram dengan air agar kondisi jenuh dan Anda bisa membiarkannya sehari semalam.

4. Penanaman bibit

Bibit yang baik untuk cara budidaya buah naga dalam pot adalah batang yang tua dan tidak berpenyakit dengan panjang 30 cm. Lalu tanam di dekat tiang panjatan sedalam 10 cm dan siram dengan air lalu taruh di tempat teduh yang tidak terkena matahari langsung.

5. Pemeliharaan tanaman

Lalu Anda bisa memelihara buah naga dengan melakukan pemupukan, pemotongan, penyiraman. Untuk mencegah buah jatuh, sebaiknya batang diikat dengan kawat dengan bentuk ‘g” agar tidak jatuh.

Demikianlah cara budidaya buah naga dalam pot yang bisa Anda praktikkan. Selamat mencoba.
 
Pets Blogs
Pets blogs Top  blogs blog links
blog links blog search directory Blog search directory